Become a member

Get the best offers and updates relating to Liberty Case News.

Dampak Negatif Kehadiran Artificial Intelligence terhadap Kaum Muda

Kehadiran kecerdasan buatan atau artificial intelligence telah menandakan betapa dunia sudah kian majunya. Dengan hadirnya AI, banyak kemudahan yang bisa dilakukan manusia dalam hidupnya....

― Advertisement ―

spot_img
BerandaIdeGagasanIsu Islam yang Sering Didiskusikan Pemuda

Isu Islam yang Sering Didiskusikan Pemuda

Ada anggapan bahwa anak muda tidak tertarik membicarakan soal agama. Dalam konteks Islam, anak muda cenderung dianggap kurang peduli dengan syariat Islam, kajian keislaman, atau membahas persoalan fikih serta tauhid. Anggapan ini lebih-lebih ditujukan kepada para pemuda yang berada di perkotaan.

Anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Di Aceh, banyak pemuda di wilayah perkotaan justru cukup tertarik dan rajin mendiskusikan isu-isu dalam serta serta mengikuti pengajian di berbagai majelik taklim. Setidaknya, ada lima hal yang suka dibahas anak muda mengenai Islam ketika nongkrong di warung kopi:

  1. Masalah Toleransi

Di luar Aceh, ada gejala menilai orang Aceh tidak toleran. Padahal anggapan ini tidak benar. Masyarakat Aceh sebetulnya cukup moderat atau toleran terhadap orang-orang yang berbeda agama. Anak muda sering membahas kisah-kisah kerukunan kehidupan antarumat beragama di desa-desa mereka. Misalnya, orang-orang Budha memberikan makanan halal untuk tetangga-tetangga mereka yang Muslim untuk berbuka puasa. Sebaliknya, saat Lebaran warga Muslim mengajak serta tetangga mereka yang berbeda agama untuk makan kudapan khas Lebaran di rumah.

  1. Masalah Fikih

Persoalan fikih kerap juga didiskusikan anak-anak muda Aceh di warung kopi. Diskusi ini bertujuan untuk saling bertukar ilmu yang diperoleh dari pengajian. Dengan didiskusikannya fikih, teman-teman yang belum sempat ke pengajian akan memperoleh ilmu baru yang penting bagi mereka dalam berislam. Penyebarluasan ilmu Islam di ruang publik seperti ini cukup memberi manfaat yang besar bagi sesama pemuda.

  1. Pemikiran Tokoh Islam

Pemikiran tokoh-tokoh Islam, baik soal agama, masyarakat, hingga politik, kerap juga jadi bahan pembicaraan pemuda. Mereka mendiskusikan pandangan atau pendapat ulama-ulama yang ada di daerahnya maupun para ulama di luar negeri yang karisma dan pengaruhnya sudah tertebar di level internasional.

  1. Penegakan Syariat Islam

Masalah syariat Islam turut menjadi perhatian besar kaum muda di perkotaan di Aceh. Topik-topik yang dibicarakan terkonsentrasi pada masalah percintaan nonmuhrim yang marak terjadi di kalangan remaja maupun orang dewasa. Anak-anak muda yang peduli dengan syariat Islam mengkritik perilaku tidak pantas yang dipertontonkan di ruang publik maupun yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

  1. Ihwal Taubat

Ada kesadaran di kalangan anak muda bahwa suatu ketika mereka akan meninggal dunia, entah itu sebelum atau saat kiaman terjadi. Oleh karenanya, untuk menghadapi itu mereka perlu memahami ihwal ilmu taubat. Anak-anak muda ikut pengajian dan bertanya tentang bagaimana cara taubat yang benar agar dosa-dosanya diampuni. Ilmu yang diperoleh kemudian dibahas sambil duduk-duduk minum kopi di warkop.

Sebenarnya masih ada banyak lagi topik Islam yang dibahas anak muda. Pembicaraannya cukup beragam dan bermanfaat bagi bertambahnya pengetahuan agama anak muda lain.

Leave a review

komentar

Reviews (0)

This article doesn't have any reviews yet.